Tugu Kujang

” Tugu Bogor atau dikenal juga dengan namaTugu Kujang “

SETIAP kali kita memasuki sebuah kota, biasanya akan disambut dengan keberadaan simbol selamat datang yang lazimnya dilambangkan dengan bangunan berbentuk menara atau biasa disebut dengan monumen atau tugu .

Ketika kita memasuki wilayah kota Bogor melalui pintu tol Jagorawi kemudian berbelok kearah barat menuju jalan Pajajaran menuju Cibinong, maka kita akan melihat sebuah bangunan megah berbentuk menara dengan tinggi 17 meter, dengan tambahan bangunan berbentuk sebuah senjata khas Jawa Barat atau dikenal dengan nama kujang yang dibangun setinggi 6 meter. Bangunan ini disebut dengan nama Tugu Bogor atau lebih dikenal dengan nama Tugu Kujang.

tugu-kujang_web

Tujuan pendirian tugu ini adalah untuk menghormati pemindahan ibukota kerajaan Pajajaran dari Galuh ke Pakuan oleh Sri Baduga Maharaja pada tahun 1482.

Selain itu bangunan ini juga merupakan bangunan pengganti monumen kota dari tugu pengembalian kota Bogor dari tangan penguasa Inggris ke tangan Belanda pada tahun 1836, yang dulu terletak di pertigaan Jalan Ahmad Yani-Sudirman (Air Mancur).

“ yang dimaksud dengan tugu pengembalian kota tersebut adalah witte pal atau pal utama “

Tugu Kujang didirikan pada simpang tiga Jalan Raya Pajajaran-Otista-Baranangsiang pada luas tanah berukuran 26 X 23 meter, bangunan berbentuk kujang terbuat dari stainless steel berlapiskan perunggu dan kuningan. Disetiap menara beton yang berdimensi tiga ini dipasang perisai lambang Kota Bogor yang terdiri dari gambar Burung Garuda sebagai lambang negara, Istana Bogor, Gunung Salak, dan senjata khas Jawa Barat atau Kujang.

Disamping tugu ini dibuat juga suatu plaza berukuran 48 X 19 meter yang berisikan duplikat prasasti Lingga dan Batutulis peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Penggunaan senjata kujang sebagai bangunan puncak monemen memiliki arti yang tinggi, hal ini dikarenakan kujang selain sebagai senjata rakyat Pajajaran, juga merupakan panji kebesaran kerajaan Pajajaran.

Senjata dari bahan baja berlekuk tujuh dengan tiga lubang dibagian pinggir dan satu lubang dibagian tengah adalah senjata yang menjadi ciri khas kerajaan di Jawa Barat khususnya kerajaan Pajajaran.

- BogorIsMe -

Sumber : http://www.wikipedia.org http://www.pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: