Bogor, Selayang Pandang

Terletak 300 m dpl (di atas permukaan laut) dan cukup menempuh satu jam perjalanan menggunakan kereta rel listrik (KRL) kearah selatan Jakarta, sampailah kita di kota Bogor yang memiliki iklim sejuk dan terkenal akan tanahnya yang subur karena disana terdapat kebun yang luar biasa besarnya, yang disebut dengan Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Gardens) yang didirikan oleh Sir Stamford Raffles pada tahun 1811.

Bogor juga dikenal sebagai “Kota Hujan”, sebagai kota yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi 3.500 hingga 4.000 milimeter / tahun.

Sebagai catatan, Guinness Book of Records (2005) mencatat Bogor sebagai kota untuk “guntur terbanyak per tahun” (322 badai guntur / tahun).

Kemiringan Kota Bogor berkisar antara 0–15% dan sebagian kecil daerahnya mempunyai kemiringan antara 15–30%. Jenis tanah hampir di seluruh wilayah adalah latosol coklat kemerahan dengan kedalaman efektif tanah lebih dari 90 cm dan tekstur tanah yang halus serta bersifat agak peka terhadap erosi. Karena letaknya berada di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede, Bogor sangat kaya akan hujan orografi. Angin laut dari Laut Jawa yang membawa banyak uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor sehingga uap air langsung terkondensasi dan menjadi hujan. Hampir setiap hari turun hujan di kota ini dalam setahun (70%) itulah sebabnya Bogor dijuluki “Kota Hujan”.

Keunikan iklim lokal ini dimanfaatkan oleh para perencana kolonial Belanda dengan menjadikan Bogor sebagai pusat penelitian botani dan pertanian, yang diteruskan hingga sekarang.

Kedudukan geografi Kota Bogor di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor serta lokasinya yang dekat dengan ibukota negara, Jakarta, membuatnya strategis dalam perkembangan dan pertumbuhan kegiatan ekonomi. Kebun Raya dan Istana Bogor merupakan tujuan wisata yang menarik. Kedudukan Bogor di antara jalur tujuan Puncak/Cianjur juga merupakan potensi strategis bagi pertumbuhan ekonomi.

-BogorIsMe-

; dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: