Istana Bogor

“ Buitenzorg atau Sans Souci adalah nama untuk Istana Bogor “

SALAH satu hal yang menyebabkan Kota Bogor mendunia adalah keberadaan sebuah istana yang megah ditengah kota, yang sekarang dijadikan salah satu Istana Kepresidenan di Indonesia.

Istana Kepresidenan ini dahulunya pernah digunakan sebagai tempat kediaman resmi 38 Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan satu orang Gubernur Jenderal Britania Raya, ini berlangsung sejak tahun 1770 sampai dengan tahun 1942.

Istana Bogor dibangun pada bulan Agustus 1744 atas prakarsa seorang Gubernur Jenderal Belanda bernama Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. Lamanya waktu pembangunan tempat peristirahatan yang pada awalnya bertingkat tiga ini memakan waktu sampai 5 tahun (1745 – 1750).

Van Imhoff merancang istana yang dibangunnya mencontoh arsitektur Blehheim Palace, kediaman Duke Malborough, dekat kota Oxford di Inggris. Seiring dengan waktu, perubahan-perubahan dilakukan terhadap bangunan awal dilakukan selama masa Gubernur Jenderal Belanda maupun Britania Raya (Herman Willem Daendels dan Sir Stamford Raffles). Istana yang tadinya merupakan rumah peristirahatan berubah menjadi bangunan istana paladian dengan luas halamannya mencapai 28,4 hektar dan luas bangunan 14.892 m².

Bentuk bangunan istana mengalami perubahan total pada tahun 1850 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Albertus Jacob Duijmayer van Twist. Pemugaran dilakukan karena pada tanggal 10 Oktober 1834 gempa bumi yang terjadi akibat meletusnya gunung Salak, telah merusakkan sebagian besar bentuk bangunan.

“ Sejak tahun 1770, Istana Buitenzorg dijadikan tempat kediaman resmi dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda “

Penghuni terakhir Istana Buitenzorg itu adalah Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborg Stachourwer yang terpaksa harus menyerahkan istana ini kepada Jenderal Imamura, pemeritah pendudukan Jepang pada tahun 1942.

Pada tahun 1950, setelah masa kemerdekaan, Istana Kepresidenan Bogor mulai dipakai oleh pemerintah Indonesia, dan resmi menjadi salah satu dari enam Istana Presiden Indonesia yang lain, yaitu Istana Negara dan Istana Merdeka di Jakarta, Istana Cipanas di Cipanas, Istana Tampaksiring di Bali, dan Istana Gedung Agung di Yogyakarta.

– BogorIsMe –

Sumber : http://www.wikipedia.com sumber yang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: